Minggu, 09 September 2012

penilaian karakter


                      CONTOH-CONTOH FORMAT PENILAIAN KARAKTER


1.   CONTOH FORMAT PENILAIAN KARAKTER KEMANDIRIAN

No.

Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
1.
Memahamai bacaan dalam buku pelajaran.




2.
Menyimak penjelasan.




3.
Menyimak penjelasan.




4.
Mengerjakan tes tertulis.











                                              Jumlah Nilai             =








2.  CONTOH  RUBRIK PENILAIAN KARAKTER DALAM DISKUSI :
SKALA PENILAIAN
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
1
2
3
4
5
1








2








3








4








5









Keterangan Aspek yang dinilai                                           Skors Maksimal
1.     Aktivitas diskusi                                                            3
2.     Kualitas jawaban                                                           3
3.     Sikap dalam diskusi                                                      4
4.     Ketepatan mengumpulkan pekerjaan                                      5
5.     Kualitas hasil pekerjaan                                                5
Jumlah skors maksimal                                                      20
Nilai = Skors Perolehan x 5







3.  CONTOH RUBRIK PENILAIAN OBSERVASI KERJA KELOMPOK

LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
1
2
3
4
1







2







3







4







5








Keterangan Aspek yang dinilai                                           Skors Maksimal
1.     Ketepatan aspek yang ditanyakan                                          4
2.     Kebenaran mendapatkankan informasi                                   4
3.     Kerja sama dalam kelompok                                                   3
4.     Ketepatan waktu menyerahkan laporan                                  2
_____________
Jumlah skors maksimal                                                                15
Nilai = Skor Perolehan : 15 x 100



















4.  CONTOH SKALA LIKERT PENILAIAN DIRI SENDIRI
                               ( SELF ASSESSMENT )

Setelah mengikuti pelajaran ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini. Silanglah:
1 untuk BELUM BAIK,
2 untuk CUKUP BAIK,
3 untuk BAIK, dan
4 untuk SANGAT BAIK
sesuai dengan diri kalian.

1. Bekerja sama dengan teman sekelas                                          1     2     3     4
2. Rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat                   1     2     3     4
3. Bekerja dengan cermat/teliti                                                      1     2     3     4
4. Menghargai pendapat teman sekelas                                         1     2     3     4
5. Mencari bahan tugas sendiri                                                      1     2     3     4
6. Membuat  tugas sendiri                                                              1     2     3     4
7. Menghargai karya orang la                                                        1     2     3     4

 






















5.  RUBRIK PENILAIAN SISWA
     TERHADAP KELOMPOK/SISWA LAIN

  Nama
Siswa
Patuh pada aturan sosial
Kerjasama
Santun 
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1. ………















2. ………















3. ………















4. ………















5. ………















A.   
Keterangan :        a  = sangat baik;     b  = baik      c  =  cukup      d =  kurang                 e     =  sangat kurang
      6.    LEMBAR PENILAIAN DIRI ( SELF ASSESSMENT ) DENGAN SKALA
              RATING
§  Nama                         : …………………………………………..
§  Anggota kelompok  : …………………………………..
§  Kegiatan kelompok  : …………………………………..
§  Untuk pertanyaan 1 sampai 5 tulis masing-masing huruf sesuai dengan pendapatmu
·        A  =  selalu
·        B   =  jarang
·        C   =  jarang sekali
·        D   =  tidak pernah
   1.  ……..Selama diskusi saya memberikan saran kepada kelompok untuk didis-
                  kusikan
   2.  ……..Ketika kami berdiskusi, setiap anggota memberikan masukan untuk didis-
                  kusikan
    3.  ……..Semua anggota kelompok harus melakukan sesuatu dalam kegiatan kelompok
   4.  ……..Setiap anggota kelompok mengerjakan kegiatannya sendiri dalam kegiatan
                  kelompok
   5.  ……..Selama kegiatan kelompok, saya . . . .

        ………mendengarkan                             ……….mengendalikan kelompok
        ………bertanya                                       ………..mengganggu kelompok
        ………merancang gagasan                     ……….bermain-main sendiri




    6.  Selama kegiatan kelompok , tugas apa yang kamu lakukan ?

          ………………………………………………………………………………………
          ………………………………………………………………………………………
          ……………………………………………………………………………………….





 7.     LEMBAR PENILAIAN

Tugas:
Berikan penilaian sesuai dengan keadaan diri kalian sendiri dengan jujur.

Format Penilaian Karakter Percaya Diri:

No
Aspek yang Dinilai
Nilai
Kurang
Menuju
Memadai
1
Mengungkapkan pertanyaan.



2
Menanggapi jawaban peserta didik lain.



3
Menguasai materi pelajaran.



4
Memberikan penjelasan.



Jumlah Nilai













8.    Format Pengamatan Perilaku Berkarakter

Siswa:    ……………………                        Kelas:  ……………                              Tanggal:  ……………………..
Petunjuk:

Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, rankinglah perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan          C = Menunjukkan           B = Memuaskan                A = Sangat baik
        perbaikan                         kemajuan                                                                                       
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter

No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)

Memerlukan perbaikan (D)
Menunjukkan kemajuan (C)
Memuaskan (B)
Sangat baik (A)
1
Jujur




2
Peduli




3
Tanggungjawab




4
Toleransi




5
Selalu melakukan yang terbaik




6
Kreatif




7
Terbuka dan mendengarkan pendapat teman




8
Tidak mencela teman dengan kasar




9
Membantu teman yang membutuhkan




               
9.   Format Pengamatan Keterampilan Sosial
Siswa:   …………………                  Kelas:   …….                       Tanggal:  …………………..

Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, rankinglah keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan          C = Menunjukkan         B = Memuaskan                A = Sangat baik
        perbaikan                         kemajuan                                                                                  

Format Pengamatan Keterampilan Sosial

No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)

Memerlukan perbaikan (D)
Menunjukkan kemajuan (C)
Memuaskan (B)
Sangat baik (A)
1
Bertanya




2
Menyumbang idea tau pendapat




3
Menjadi pendengar yang baik




4
Komunikasi






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar