Selasa, 22 Januari 2013

Cara mendapatkan data base dapodik yang hilang pada aplikasi dapodik sekolah

Cara mendapatkan data base dapodik yg hilang karena laptop instal ulang atau hilang.....lewat online...
ketik alamat :pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
akan tampil :
tampilan data dapodik online
selanjutnya masukan username dan password
untuk username adalah email pada saat anda membuka aplikasi dapodik yg diinstal pada komputer anda
untuk password adalah password yg sama pada saat anda membuka  aplikasi dapodik yg diinstal pada komputer anda.
selanjutnya akan tampil :
tampilan dalam aplikasi dapodik
buka register pengiriman dilanjutkan dengan menandai data yang ingin anda unduh...dilanjutkan dengan unduh.
selanjutnya instal aplikasi dapodik pada komputer anda seperti anda pertama kali menginstal aplikasi dapodik pada komputer anda.
selanjutnya buka aplikasi dapodik dan klik restore
klik restore
dilanjutkan dengan
pilih dan open file dari folder yg terkandung data base spt berikut
dilanjutkan klik OK restore...

dan aplikasi akan melakukan restart dan buka aplikasi anda seperti biasa....
maka data base anda yg hilang sdh ada pada genggaman lagi dan data yang terakhir pada aplikasi dapodik anda sebelum hilang sudah kembali...

SELAMAT MENCOBA!!!!!

pesan saya...lakukan backup lokal untuk menyimpan data base anda spy nanti jika laptop hilang atau instal ulang anda bsa mengintalnya kembali dan data anda aman bisa anda masukan kembali pada aplikasi dengan cara sama yakni restore data base pada folder yg terisi data base sekolah anda....bsa call ke my love friend 085645788883 (afri) atau saya di 085258000851

rincian langkah -langkahnya:
 Salam Operator...........

Sebagai sesama operator Sekolah, saya ingin berbagi pengalaman yang mungkin berguna bagi sobat semua.
Mungkin yang membaca artikel ini sedang mengalami kehilangan database Dapodik? :)

Database Dapodik bisa saja hilang disebabkan beberapa faktor:
1. Lupa menyimpan
2. Komputer rusak
3. Hardisk rusak
4. Dimakan virus

Kalo sudah begini pasti bikin pusing 7 keliling khan?....
solusinya yach.. terpaksa ketik ulang atau input ulang hehe2x

Eiiiitttt....... tunggu dulu baca artikel ini sampai selesai, pasti data anda kembali dengan sendirinya (Bo ooooong).



Kalo mau database Dapodik anda kembali ada beberapa ritual yang musti dijalani (kaya' dukun ae).
1. Mandi kembali 7 rupa (kalo nggak ada, ya di cat aja kembange)
2. Pakai minyak wangi (jangan minyak goreng...)
3. siapin rokok/kopi + jajan/snack (lembur lagiiii..)
4. Jangan bilang pada Kepala Sekolah Kalo datanya hilang (entar di marain)


dapodik



Udah ah guyone. Kembali ke Laptop:

1. Buka link http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id
2. Login dengan user dan password yang sama dengan yang di pakai pada saat input data Dapodik kemarin
3. Jika berhasil masuk pastikan itu Sekolah anda > klick "Sekolah"
4. Klick "Register Pengiriman"
5. Klick database yang paling atas/tanggal terakhir anda kirim
6. Klick Download Database
7. simpan di tempat yang mudah di cari misal: D:\
8. Ambil sebatang rokok (rokok an dulu aahhhhh)
9. Minum kopi dulu.
Istirahat dulu... biar nggak stress......................................... :)

Ok. lanjut:
10. Instal ulang Aplikasi Dapodik yang versi terakhir
11. Kalo nggak punya download disini http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/new/index.php/c/pg/panduan-aplikasi
12. Kalo nggak bisa install tanya ke teman yang bisa
13. Saya anggap Aplikasi sudah terinstal
14. Buka Aplikasi dan masukan NO. Registrasi Sekolah anda dan user serta password yang sama dengan semula
15. Setelah berhasil Login dan masuk ke database Sekolah anda
16. Tutup Aplikasinya
17. Buka folder "C:\Aplikasi Pendataan" di komputer anda
18. Buka folder "data"
19. Hapus file "data.db" (jangan salah)
20. Copy database yang sudah di download tadi dan masukan ke folder "data"
21. Ganti nama database yang di download tadi dengan "data.db"
22. Jalankan kembali Aplikasi Pendataan
23. Login seperti biasanya
24. Tre teng teng.................................. :)


1 komentar: