Kamis, 31 Januari 2013

DOWNLOAD POS (PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR) UN SD/MI TAHUN 2013

DOWNLOAD POS (PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR) UN SD/MI TAHUN 2013


Badan Nasional Pendidikan (BNSP) telah merilis Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2012/2013 untuk tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)/SDLB. Dalam POS UN SD/MI dan SDLB, Tahun Pelajaran 2012/2013 tercantum beberapa sub bab yang menjadi pedoman dalam penyelenggaraan UN SD/MI/SDLB.

Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional, selanjutnya disebut POS UN, Tahun Pelajaran 2012/2013 menyebutkan beberapa ketentuan, misalnya: 

Ujian Sekolah/Madrasah selanjutnya disebut Ujian S/M adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh sekolah/madrasah.

Ujian Nasional SD/MI, SDLB, yang selanjutnya disebut UN adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian kompetensi lulusan SD/MI, SDLB, secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Kisi-kisi soal UN adalah acuan dalam pengembangan dan perakitan soal UN yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar.

Pada Sub kedua POS UN SD/MI/SDLB, memberikan penjelasan tentang peserta ujian nasional yang menyangkut: (A.) Persyaratan Peserta Ujian Nasional (UN), (B.) Pendaftaran Peserta UN. Selanjutnya pada sub ketiga menjelaskan tentang Penyelenggara UN yang terdiri atas Penyelenggara UN Tingkat Pusat, Penyelenggara UN Tingkat Provinsi, Penyelenggara UN Tingkat Kabupaten/Kota, dan Penyelenggara UN Tingkat Sekolah/Madrasah.

Selengkapnya POS UN SD/MI dan SDLB, Tahun Pelajaran 2012/2013 bisa didownload di sini atau di sini

PEDOMAN DAN INSTRUMEN PENILAIAN GURU

PEDOMAN DAN INSTRUMEN PENILAIAN GURU

"Tak Hanya Kompetensi, Kinerja Guru Juga Akan Diuji" menjadi judul berita salah satu portal berita di kanal edukasinya (23/10/2012). Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk penilaian kinerja guru di tahun 2013 sepertinya akan benar-benar dilaksanakan. Penilaian kinerja guru ini juga akan dilakukan per individu sama seperti yang diterapkan pada Uji Kompetensi Guru (UKG). 

Kelihatannya Kemendikbud (pemerintah) akan menjalankan kurikulum baru dengan diikuti peningkatan kualitas guru. Apalagi sebelumnya penyelenggaraan UKG juga menuai pro-kontra. Mau tidak mau, untuk menghindari anggapan kebijakan yang kurang tepat, semua akan mendapatkan pembaruan, mulai kurikulum baru, penilaiaan kinerja atau bahkan pengangkatan calon guru.

Sosialisasi penilaian kinerja (PK) guru sudah dilaksanakan jauh hari. Penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, dengan kualitas layanan profesi yang bermutu. Menemukan secara tepat tentang kegiatan guru di dalam kelas, dan membantu mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, akan memberikan kontribusi secara langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan, sekaligus membantu pengembangan karir guru sebagai tenaga profesional.

Hasil dari penilaian kinerja guru akan dimanfaatkan untuk menyusun profil kinerja guru sebagai input dalam penyusunan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Hasil penilaian kinerja guru juga digunakan sebagai dasar penetapan perolehan angka kredit guru dalam rangka pengembangan karir guru sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Agar lebih jelas dan memahami tentang Penilaian Kinerja Guru, Bapak ibu bisa mendownload file Pedoman Penilaian kinerja Guru dan Instrumen Penilaian Kinerja Guru, pada link tautan di bawah ini :
Download Pedoman Penilaian Kinerja Guru
Download Instrumen Penilaian Kinerja Guru 

JADWAL PENGANGKATAN HONORER K2 MENJADI CPNS 2013

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2012 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS, Ada beberapa ketentuan pengangkatan tenaga honorer kategori 2 (K2) menjadi CPNS. Tenaga honorer K2 dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan negara berdasarkan formasi sampai dengan Tahun Anggaran 2014.

Pengangkatan tenaga honorer K2 dilakukan melalui pemeriksaan kelengkapan administrasi dan lulus seleksi ujian tertulis kompetensi dasar dan kompetensi bidang sesama tenaga honorer. Seleksi ujian tertulis kompetensi dasar sesama tenaga honorer K2 dilaksanakan 1 (satu) kali dengan materi Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Kabar terbaru menyebutkan pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) segera diproses. Menteri PAN-RB telah menetapkan jadwal tes honorer K2 pada Juli 2013, formasi penempatan Agustus 2013, dan SK CPNS direncanakan diterbitkan Januari 2014.

Jadwal rencana proses pengangkatan honorer K2 jadi CPNS

Februari 2013
* Penyampaian listing data tenaga honorer kepada instansi untuk dilakukan pengumuman (uji publik) selama 21 hari melalui media koran lokal dan media online (website BKN) BKN /Kanreg BKN 
* Penyampaian laporan hasil uji publik oleh instansi kepada Men.PAN&RB / BKN 
* Sosialisasi rencana seleksi tenaga honorer K II secara nasional 

Maret 2013
* Penerimaan dan penyelesaian pengaduan dalam masa sanggah setelah uji public 
* Penyusunan dan penetapan kebijakan pengadaan CPNS tahun 2013 oleh MenPAN&RB 
* Penyusunan juknis pengadaan CPNS tahun 2013 oleh BKN 

April 2013 
* Penyusunan nominatif TH Kategori II yang tidak ada masalah 
* Keputusan kepastian jumlah TH Kategori II per instansi oleh BKN 
* Pembuatan formulir pendaftaran dan tanda pengenal peserta ujian oleh instansi 
* Pembuatan buku petunjuk/tata tertib ujian 

Juni 2013 
* Pembuatan master soal ujian kompetensi bidang/teknis oleh instansi pembina jabatan fungsional 
* Penyampaian master soal (encrypt) dan formulir LJK ujian kompetensi dasar oleh Konsorsium kepada Panselnas dan disimpan bersama ke brankas BRI disaksikan oleh Karo Humas/Inspektur KemPAN-RB 

Juli 2013
* Penentuan jadwal dan tempat pelaksanaan ujian kompetensi dasar dan kompetensi bidang oleh Instansi dan Panselnas 
* Penyerahan master soal, formulir LJK ujian kompetensi dasar kepada instansi untuk digandakan dan didistribusikan ke lokasi tes 
* Pelaksanaan ujian tertulis kompetensi dasar dan kompetensi bidang
* Penentuan kelulusan ujian kompetensi dasar sesuai dengan passing grade dan kompetensi bidang dan batas waktu penyampaian berkas 

Agustus 2013 
Penetapan formasi dan penempatan tenaga honorer kategori II per instansi secara nasional berdasarkan pertimbangan Kepala BKN

Desember 2013 
Proses penetapan NIP TH kategori II

Januari 2014 
Penetapan SK CPNS oleh instansi

Selengkapnya jadwal  tabel jadwal pelaksanaan tenaga honorer kategori II bisa didownload di sini

ALAMAT SITUS UNTUK MELAPORKAN KEBUTUHAN SEKOLAH

Alamat Situs untuk Melaporkan Kebutuhan Sekolah
Keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh sekolah atau guru semata, tetapi juga harus didukung oleh masyarakat yang peduli dengan pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) baru-baru ini membuka portal Bantu Sekolahku. Situs ini digunakan untuk melaporkan langsung ke pemerintah daerah dan pemerintah pusat tentang kebutuhan pendidikan atau sekolah.

Situs yang beralamat di http://bantusekolahku.kemdikbud.go.id ini terbuka untuk orang tua, siswa, guru, dan masyarakat umum untuk melaporkan kebutuhan-kebutuhan yang penting bagi sekolah yang ada di dekatnya. Laporan tersebut dicatat dan di selesaikan secara sistematis oleh sistem Pendidikan baik, Kemendikbud, pemerintah daerah maupun sekolah itu sendiri.

Bantu Sekolahku, sebuah sistem online yang yang terintegrasi dengan media sosial facebook ini mendapat dukungan dari Bank Dunia, Uni Eropa dan Kerjaan Belanda. Filosofi dibalik Bantu Sekolahku adalah untuk menarik pengetahuan orang tua dan masyarakat, pengalaman dan keinginan untuk meningkatkan institusi kependidikan dalam langkah konkrit.




login net
Untuk menggunakan Portal Bantu Sekolahku untuk melaporkan kebutuhan sekolah, Bapak Ibu bisa login atau masuk ke situs ini dengan akun facebook. Ada empat menu utama dalam situs Bantu Sekolahku yaitu cari satuan pendidikan, laporkan kebutuhan, telusuri kebutuhan, dan laporan bantu sekolahku. Sistem ini untuk mengatasi tantangan pengiriman jasa dan kebutuhan akan transparansi dan akuntabilitas.

Saatnya Bapak Ibu untuk mencoba datang ke situs Bantu Sekolahku, untuk melaporkan, bangunan rusak, kurang kelas, kebutuhan sekolah yang mendesak untuk segera dipenuhi demi lancarnya proses pendidikan. Semoga sistem diklaim sebagai sistem pertama di dunia ini mampu dimanfaatkan secara maksimal, bagi penyelenggara pendidikan (pemerintah) untuk merekam laporan masyarakat. Sehingga dapat mengurangi kesenjangan dalam kualitas pendidikan pada tingkat sekolah. 


Hasil Penilaian Angka Kredit Guru tahap 4, 5 dan 6 oleh LPMP jatim

Berikut ini kami tampilkan Hasil Penilaian Angka Kredit Guru tahap 4, 5 dan 6 yang telah dilaksanakan oleh Biro Kepegawaian Kemdikbud dgn Sekretariat LPMP Jawa Timur.
Untuk melihat hasil klik ini : https://docs.google.com/file/d/0B-2qryWjZt1ZVmUtYkp2ZUM1V2c/edit
Penyerahan berkas PAK ke sekretariat LPMP Jawa Timur akan di umumkan kembali setelah mendapat surat resmi dari Biro Kepegawaian Kemdikbud.
 yang saya kutip dari http://cak-rye.blogspot.com/

Rabu, 30 Januari 2013

KRITERIA KELULUSAN PESERTA DIDIK DARI SATUAN PENDIDIKAN DAN PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH/MADRASAH/PENDIDIKAN KESETARAAN DAN UJIAN NASIONAL TAHUN 2012-2013

KRITERIA KELULUSAN PESERTA DIDIK DARI SATUAN PENDIDIKAN DAN PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH/MADRASAH/PENDIDIKAN KESETARAAN DAN UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012-2013

http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/sites/default/files/Permendikbud-Nomor3-Tahun2013.pdf

ini adalah alamat POS Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012-2013

http://118.98.223.68/dokumen/un2013/POS-UN-SD-Tahun-2013.pdf

silahkan diicipi........

Senin, 28 Januari 2013

CONTOH PIDATO TENTANG GLOBALISASI

CONTOH PIDATO TENTANG GLOBALISASI

Selamat siang,

Yang terhormat Kepala Sekolah SMP Santa Ursula BSD, Victoria Istiningsih.

Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah SMP Santa Ursula BSD Eusthasia Suwarti.

Yang terhormat guru-guru SMP Santa Ursula BSD.

Beserta seluruh murid SMP Santa Ursula BSD yang berbahagia.

Salam sejahtera

Puji Syukur saya ucapkan kepada Tuhan YME atas segala karunia-Nya, Saya juga berterima kasih kepada guru-guru yang telah menyelenggarakan acara ini. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mendukung acara ini.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak kita semua untuk mengingat kembali, beberapa pola hidup yang kita lakukan dari penyebab globalisasi. Apakah globalisasi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita? Saya berharap pada kesempatan kali ini kita semua menjadi tahu, seberapa besar pengaruh globalisasi dalam hidup kita. Saya juga berharap kita semua dapat menghadapi pengaruh globalisasi.

Di abad ke 21 ini, globalisasi menjadi hal yang biasa bagi kita. Globalisasi, berarti proses yang mendunia. Tentunya, semua aspek kehidupan merasakan pengaruhnya. Misalnya, di bidang transportasi. Setiap hari kita dapat melihat seluruh jalan raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Contohnya mobil. Padahal, sebelum mobil ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan yang sangat panjang sekalipun. Selain di bidang transportasi, aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi adalah telekomunikasi. Saat ini hand phone adalah alat komunikasi yang sudah dimiliki oleh setiap orang. Selain hand phone, yang tak kalah penting adalah internet. Globalisasi seperti mengharuskan kita untuk memiliki komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet.

Di bidang kuliner, pengaruh globalisasi juga cukup besar. Makanan khas Barat menjadi sangat populer di seluruh dunia. Contohnya Pizza Hut, KFC, CFC, Hoka Hoka Bento, dan sebagainya. Hal ini menyebabkan makanan khas dalam negri menjadi kurang diminati. Yang tak kalah penting, aspek kehidupan yang juga merasakan dampak globalisasi adalah fashion. Saat ini tren yang sangat mendunia adalah dari negara-negara barat. Jika orang Indonesia lebih memilih tren luar negri, siapakah yang akan melestarikan budaya Indonesia?

Bidang olahraga juga merasakan dampak globalisasi. Saat ini seluruh dunia sangat meminati pertandingan sepak bola, basket, bulu tangkis, dan lain sebagainya. Bukan hanya kegiatan olahraganya, alat-alat pendukung pun ikut merasakan dampak globalisasi. Contohnya sepatu. Sepatu menjadi alat pendukung yang sangat penting. Model dan bentuk sepatu pun harus disesuaikan dengan olahraganya.

Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi, jelas bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan. Setiap orang memang dapat merasakan pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat yang baik, kita harus bisa menghadapi pengaruh globalisasi. Kita harus bisa mengambil nilai-nilai positif dan membuang nilai-nilai negatifnya. Misalnya, dengan menyeleksi budaya asing yang masuk ke dalam negri kita. Kita harus bisa memilih budaya yang baik, yang tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada di negri kita. Karena budaya dalam negri adalah ciri khas negri kita sendiri, yang harus kita jaga. Agar tidak kehilangan informasi, kita harus mengikuti perkembangan informasi dan teknologi.

Jadi ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi pengaruh globalisasi. Kita boleh merasakan pengaruhnya, namun kita harus mengambil dampak positifnya, dan membuang dampak negatifnya.

Semoga apa yang telah saya katakan tadi bermanfaat bagi kita semua yang ada disini. Saya berharap dengan adanya globalisasi ini semua orang dapat mengambil nilai positifnya. Terima kasih atas perhatian guru-guru, teman-teman, beserta kepala sekolah dan wakil kepala sekolah SMP Santa Ursula BSD. Sekian dan, selamat siang.

CONTOH PIDATO SAMBUTAN PERPISAHAN KELULUSAN SEKOLAH


CONTOH PIDATO SAMBUTAN PERPISAHAN KELULUSAN SEKOLAH

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.

Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari SMP ini.

Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu.

Juga untuk teman2 semua. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama2 selama 3 tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman2 semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMA, ke SMK, ke STM maupun institusi pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita2 yang selama ini diangan2kan.

Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman2, doa saya menyertai teman2 semua...

CONTOH PIDATO PENGARUH INTERNET TERHADAP REMAJA

CONTOH PIDATO PENGARUH INTERNET TERHADAP REMAJA

Assalamualaikum wr wb, Bapak/ ibu guru beserta rekan-rekan yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Pengaruh Internet Terhadap Remaja”.

Sebelum saya memulai berpidato saya ingin menyampaikan batasan masalah yang akan saya sampaikan didalam pidato hari ini, yakni diantaranya ; pengaruh internet terhadap remaja dilihat dari segi positif dan dari segi negative.

Internet, kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang bertekhnologi, mewah, dan praktis, Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan telepon selular yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan mudahnya melalui HP dimanapun kita berada, atau jika tidak, disetiap sudut kota pasti terdapat sebuah Warung yang menjual jasa internet atau yang biasa disebut dengan “Warnet”, Dunia Informasi Tanpa Batas, begitulah orang-orang menyebutnya, saya sendiri tidak begitu yakin tapi apa boleh dikata memang begitu keadaannya, dengan adanya Internet, Akses atau jalan terhadap penyampaian Informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata.

Banyak Ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana, informasi mengenai apapun dapat kita temukan di jagat internet ini, lalu apa hubungannya dengan Siswa? Tentu saja sangat erat hubungannya dengan siswa karena siswa tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan, internet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja dimanapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalah gunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk Kriminalitas atau Asusila, siswa yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh? Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat “asusila” lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah.

Namun demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir siswa-siswa yang usil saja yang dapat melakukannya karena kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya, namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap siswa untuk mencari atau mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang ia terima disekolah, hal tersebut memungkinkan siswa menjadi lebih kreatif dan lebih aktif dalam mencari sumber informasi dan ilmu pengetahuan dibandingkan dengan siswa-siswa yang hanya duduk diam didepan meja dan mendengarkan gurunya berbicara.

Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap siswa untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda), remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya, dia akan mengikuti hal yang paling dominant yang berada didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja akan mendorong kearah mana remaja itu akan berjalan, kearah positif atau negative tergantung dari mana di memulai.

Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yang lainnya. Tetapi selain itu, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal yang negative justru sebaliknya, dia akan nampak pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan kayaan informasi dari internet tersebut.

Maka dari itu alangkah baiknya jika kita bisa dengan bijak menggunakan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dalam hal yang positif demi kemajuan diri dan pribadi kita, dan selaku remaja kita semua harus dapat menguasai teknologi yang sedang berlari kencang pada era ini, karena dengan demikian kita pun akan ikut berlari menyongsong masa depan.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb.

CONTOH PIDATO PENGARUH TELEVISI TERHADAP SISWA

CONTOH PIDATO PENGARUH TELEVISI TERHADAP SISWA

Assalamualaikum wr wb, Bapak/ ibu guru beserta rekan-rekan yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Pengaruh Televisi Terhadap Siswa”. Sebelum saya memulai berpidato saya ingin menyampaikan batasan masalah yang akan saya sampaikan didalam pidato hari ini, yakni diantaranya ; pengaruh televisi dari segi positif dan negatif.

Bila kita melihat secara umum pengaruh televisi terhadap siswa memang tanpak sangat berguna dan bermakna karena media televisi ini merupakan sarana penyampaian informasi yang paling efektif dan efisien, efektif dari segi penyampaian informasi dan efisien dari segi harga untuk memperoleh informasi tersebut. Dengan media televisi wawasan dan ilmu pengetahuan seorang siswa dapat berkembang dengan pesat sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada. Banyak hal positif yang dapat diambil dari adanya media televisi ini yakni diantaranya seperti, informasi mengenai berita terkini, ilmu pengetahuan umum, Entertainmen/ hiburan, dan lain sebagainya.

Seorang siswa hendaknya selalu mengetahui informasi terkini yang terjadi didunia guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dari siswa itu sendiri, yang dapat ia gunakan untuk mengembangkan dirinya dimasa yang akan datang, karena dengan informasi manusia dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya, sedangkan untuk bidang entertainment/ hiburan, hal ini tentu saja berfungsi untuk mengurangi rasa penat atau rasa bosan pada setiap siswa didalam masa remajanya atau dalam masa-masa belajarnya, mengapa demikian? Karena setiap siswa yang sedang berkembang akan mengalami satu hal yang namanya ”bosan” dan hal ini perlu dicegah dengan kegiatan yang sifatnya menghibur/ refleksi yang dapat membuatnya selalu ”Fresh” dan berfikir positif, sehingga menjadikan ia selalu aktif dan kreatif.

Selain dari wawasan dan ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh siswa dari media televisi, keakraban antar keluarga akan tercipta sehingga membuat siswa merasa nyaman berada diantara keluarganya, karena keluarga juga merupakan salah satu faktor utama penentu keberhasilan diri seorang siswa, selain hal itu orang tua juga dapat mendidik anak-anaknya dengan lebih mudah melalui media televisi dan orang tua tersebut lebih mudah memberikan pengarahan terhadap anak sehingga anak akan merasa tidak terbebani untuk memahami apa yang diinginkan oleh orangtuanya. Hal-hal tersebut merupakan salah satu yang dapat kita rasakan/ lihat dari segi positif dampak televisi terhadap siswa, tetapi selain itu banyak hal-hal negative yang dapat terjadi jika siswa telah terpengaruh oleh televisi, diantaranya adalah malas, mencontoh hal-hal yang tidak baik/ negatif seperti cara bergaul, berbicara, berpenampilan, serta pribadinya.

Malas adalah hal yang paling sering terjadi jika seorang siswa sudah terpengaruh oleh asyiknya menonton televisi sehingga melupakan belajarnya, dan hal ini merupakan hal yang sangat merugikan bagi siswa itu sendiri karena dengan bermalas-malasan dia tidak akan mendapatkan apa-apa dan apa yang ia cita-citakan dalam hidupnya, maka dari itu alangkah baiknya orang tua membatasi waktu menonton televisi dan menyaring tayangan yang sesuai dengan kebutuhan sang anak, selain malas pengaruh buruk televisi terhadap tingkah laku anak yakni mencontoh hal yang tidak seharusnya di contoh, misalkan anak usia dibawah lima tahun menonton tayangan televisi untuk orang dewasa, tentu hal ini sangat ”berbahaya” karena anak bisa dewasa sebelum dewasa, maksudnya adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh orang dewasa tidak seharusnya dicontoh oleh anak kecil, seperti Kekerasan, gaya hidup seperti berpenampilan, bergaul, dan gaya-gaya berbicara yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa yang baik, dan lain sebagainya. Hal ini juga memerlukan kontrol dari orang tua untuk tayangan yang sifatnya dewasa seperti itu. Jika hal negativ tersebut sudah terjadi maka selanjutnya dapat kita lihat kepribadian dari siswa itu sendiri akan berubah dan ”Kemungkinan” merugikan bagi semua pihak termasuk dirinya sendiri.

Kesimpulannya bahwa, setiap hal yang ada didunia ini pasti memiliki aturan dan pandangan yang berbeda yakni, baik dan buruk, begitupun dengan media televisi, yang selayaknya digunakan untuk hal yang baik tetapi tetap saja memiliki dampak yang tidak baik bagi sebagian orang dan atau fungsinya. Maka dari itu peranan orang tua untuk mendidik anak (siswa) sangatlah penting serta kesadaran dari siswa itu sendiri haruslah tinggi dan bertanggung jawab atas apa yang hendak ia lakukan dengan bimbingan dari guru dan kegiatan-kegiatan positif yang dia lakukan selama dia berada dilingkungan sekolah.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb.

CONTOH PIDATO HARI PENDIDIKAN NASIONAL

CONTOH PIDATO HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Saudara-saudara sekalian !Yang saya hormati Dosen Stai Darul Qalam Drs. Habibullah .Yang saya hormati mahasiswa/ mahasiswi Stai Darul Qalam .Alangkah bahagianya saya selaku menjabat sebagai ibu kepada Negara Indonesia, pada hari ini ! pada hari ini, kita merayakan hari pendidikan Nasional, yang bertempat dilapangan Istana Bogor pada tanggal 2 Mei 2007. Dengan memperingati Pendidikan Nasional semoga kita lebih semangat /bangkit untuk memajukan dan mencerdaskan pendidikan anak-anak bangsa agar berguna bagi bangsa, Negara dan Agama.Pertambahan anak umur sekolah yang cepat dan pertambahan lulusan tiap jenjang pendidikan yang besar, tapi tidak diikuti penambahan prasarana dan sarana pendidikan yang cepat dan memadai, menimbulkan masalah bagi pemerintah untuk memberikan “pendidikan dan pengajaran” pada semua warga Negara sebagaimana diamanatkan oleh undang- undang Dasar.

Persoalan ini krusial mengingat beragamanya geografis nusantara yang luas dan terpencar dengan tingkat perkembangan sosial-ekonomi-kultural berbeda. Ketika itu untuk pertama kali pelaksanakan REPELITA dengan tekanan pada pembangunan ekonomi yang dipandang sebagai landasan bagi aspek- aspek lain dari pembangunan nasional. Dalam pembaruan pendidikan perhatian difokuskan pada upaya-upaya perbaikan dan peningkatan kualitas serta penataan kesempatan mendapat pendidikan. Mengenai yang terakhir ini sulitlah dicapai bila hanya melalui cara-cara konvesial yaitu memanfaatkan teknologi komunikasi dan teknologi ,informasi radio dan televisi. Pada tahun 2007 pemerintah telah menetapkan APBN untuk pendidikan sebesar 20% bagi SD, SLTP dan SLTA. Program dan kegiatan yang dilakukan tidak semata-mata atas dasar pertambahan jumlah gedung sekolah, guru, buku dan lain-lain. Alternatif yang didentifikasikan adalah :

1. Penambahan daya tampung SLP yang dilakukan baik dengan penambahan sekolah baru
2. Peningkatan daya tampung sekolah- sekolah swasta
3. Pengembangan sekolah terbuka dengan media korespodensi, modul, siaran radio, siaran televisi dan lain-lain
4. Pembukaan kursus- kursus ketrampilan praktis diluar sekolah sebagai jalur penyaluran kemasyarkat..

Ki Hajar Dewantara (1889-1959) seorang tokoh pendidikan Indonesia yang memprokarsai berdirinya lembaga pendidikan Taman siswa. Dia lebih terkenal dengan filsafat” tut wuri handayani, hing madya mangun karsa, hing ngarso sung tulada. Dewantara mengklasifikasikan tujuan pandidikan dengan istilah “ tri-nga”(tiga “nga-nga adalah huruf terakhir dalam abjad jawa ajisak). “Nga” pertama adalah ngerti” (memahami /aspek intelektual). “Nga kedua” adalah “ngrasa” adalah (merasakan aspek afeksi), dan “nga” ketiga adalah “nglakonin” (mengajarkan atau aspek psikomotorik). Merumuskan tujuan pendidikan yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Menurut Dewantara, adalah hak tiap orang untuk mengatur diri sendiri, oleh karena itu pengajaran harus mendidik anak menjadi manusia yang merdeka batin, pikiran, dan tenaga. Pengajaran jangan terlampau mengutamakan kecerdasan pikiran karena hal itu dapat memisahkan orang tepelajar dengan rakyat.Akhir sampai disini, semoga bangsa Indonesia lebih meningkatkan dan mencerdaskan serta menciptakan anak-anak didik yang produktif, kreatif, dan inovatif yang berguna bagi bangsa dan Negara, Menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan mandiri yang dapat memenuhi kebutuhan global.

Cara melakukan verifikasi data peserta Ujian Nasinal lewat aplikasi UN online dan Offline


Langkah2 pada verifikasi peserta Ujian Nasional tahun 2012-2013 melalui aplikasi UN Online dan offline:
1. buka alamat ini :http://pendataan-un.net/sd/home.php
2. terus isikan nama user name dan kata sandi (setiap kabupaten tidak sama) ingat bos.....
isikan thu
3. pilih siswa dan instansi mana
silahkan cermati
4. terus buka download dan pilih biodata dan tekan download
ikuti petunjuk
5. hasil unduhan berupa format RAR jadi buka dulu dengan Winrar dengan klik kanan perintah extract here
pada file yg di RAR....sekarang data sdh masuk di folder compressed...

6. sekarang anda buka aplikasi offline UN 2012-2013 yg ada dikomputer tp jangan di buka dulu aplikasi tersebut...tp cari folder yg bernama 05-23 (ini masing2 kota kabupaten nama foldernya tidak sama) buka file biodata ganti data base pada file aplikasi offline UN dengan file data base unduhan/download saudara tadi ingat tp harus sdh diextract dan diambil filenya saja berupa data base...

 7.  sekarang anda buka aplikasi offline UN 2012-2013 saudara dan lihat Cetak klik daftar siswa, DNT, lengkap, tanda tangan kepsek.....sekarang format print beserta pengaturannya sdh tersedia......
sekarang format print sdh ada dan anda skg bsa ngeprint sendiri
semoga berhasil ....

salam admin (catatan pengiriman validasi data pada server pusat terakhir tanggal 25 januari 2012)





Minggu, 27 Januari 2013

PENGISIAN DATA APLIKASI DAPODIK SEMESTER II TAJAR 2012-2013

Langkah-langkah dalam pengisian aplikasi dapodik pada semester II:
1. Pastikan data PTK seperti riwayat SK Kenaikan Tingkat dan Berkala diisi penuh.
2. Pastikan alamat  E-mail sudah terisi pada masing2 data PTK
    cara membuat e-mail di google:
     http://trikmudahseo.blogspot.com/2012/06/cara-membuat-email-baru-google-gmail.html
3. Pastikan jam tambahan bagi kepala sekolah terisi dan mengisi bidang mapel yg diampu setiap daerah tidak                sama (sama dengan latar belakang pendidikannya).Kepala Sekolah tugas tambahan kepala sekolah 18 jam 
bila ks mengajar mulok dan pelajaran lain usahakan KS mengampu sesuai serfitikasinya
contoh kalau KS sertifikasi guru kelas, jangan mengisi ks di rombel menjadi guru bahasa 
Sunda atau SBK atau pelajaran lain tapi guru kelas sejumlah 6 jam, sebar tiap kelas 2 jam, jam mengajar guru kelas yang di masuki ks di kurangi 2 oleh jam mengajar KS (sesuai dengan PP no 74 tahun 2008)
4. Revisi Sarpras sesuai kondisi sekolah anda. Jangan menipu/memanipulasi data.
    jika bisa buka alamat ini untuk usul sarpras dan rehap gedung secara online
5. Jika ada guru yg mengajar ditempat lain...isikan riwayat mengajarnya dan jumlah jam yg dilakukan diinstansi / sekolah lain.
6. Sekarang untuk isian rombel masih sama dengan semester 1 yg lalu masing-masing rombel diisikan walikelasnya, atau mapping rombel, dengan klik wali kelasnya.
7. Untuk pengisian guru/PTK silahkan digeser ke masing2 rombel dengan mengisi jumlah JJM pada masing2 guru...khusus guru penjas dan agama jk tidak ada kendala dilapangan diisikan 4 JJM tiap rombel.berarti 4x6 kelas 24 JJM sesuai dengan beban mengajar guru.
8. Untuk pengisian siswa masukan masing2 siswa dalam rombel dengan menggesernya tetapi keterangan tanggal itu awal semester 2 dan lanjutan semester.
tampilan keterangan tanggal dan lanjutan semester
9. Setelah semua siswa berhasil masuk/ digeser masing2 rombel.kita kluar dan kita buka halaman utama kita klik tabel jumlah siswa...kita cek jumlah masing2 rombel sudah klop blum...revisi jika perlu..bagi siswa yg keluar masukan kolom peserta didik kluar...jika ada tambahan masukan identitas siswa dengan mengisi kolom peserta didik dengan menambah peserta didik baru.
10. Lakukan validasi dan clean up...tugas selesai tinggal tunggu komando kirim dari server pusat...

Salam OP
maaf jika ada kesalahan info pada blog ini kami hanya berusaha membantu....

wasalam.......




Selasa, 22 Januari 2013

Cara mendapatkan data base dapodik yang hilang pada aplikasi dapodik sekolah

Cara mendapatkan data base dapodik yg hilang karena laptop instal ulang atau hilang.....lewat online...
ketik alamat :pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
akan tampil :
tampilan data dapodik online
selanjutnya masukan username dan password
untuk username adalah email pada saat anda membuka aplikasi dapodik yg diinstal pada komputer anda
untuk password adalah password yg sama pada saat anda membuka  aplikasi dapodik yg diinstal pada komputer anda.
selanjutnya akan tampil :
tampilan dalam aplikasi dapodik
buka register pengiriman dilanjutkan dengan menandai data yang ingin anda unduh...dilanjutkan dengan unduh.
selanjutnya instal aplikasi dapodik pada komputer anda seperti anda pertama kali menginstal aplikasi dapodik pada komputer anda.
selanjutnya buka aplikasi dapodik dan klik restore
klik restore
dilanjutkan dengan
pilih dan open file dari folder yg terkandung data base spt berikut
dilanjutkan klik OK restore...

dan aplikasi akan melakukan restart dan buka aplikasi anda seperti biasa....
maka data base anda yg hilang sdh ada pada genggaman lagi dan data yang terakhir pada aplikasi dapodik anda sebelum hilang sudah kembali...

SELAMAT MENCOBA!!!!!

pesan saya...lakukan backup lokal untuk menyimpan data base anda spy nanti jika laptop hilang atau instal ulang anda bsa mengintalnya kembali dan data anda aman bisa anda masukan kembali pada aplikasi dengan cara sama yakni restore data base pada folder yg terisi data base sekolah anda....bsa call ke my love friend 085645788883 (afri) atau saya di 085258000851

rincian langkah -langkahnya:
 Salam Operator...........

Sebagai sesama operator Sekolah, saya ingin berbagi pengalaman yang mungkin berguna bagi sobat semua.
Mungkin yang membaca artikel ini sedang mengalami kehilangan database Dapodik? :)

Database Dapodik bisa saja hilang disebabkan beberapa faktor:
1. Lupa menyimpan
2. Komputer rusak
3. Hardisk rusak
4. Dimakan virus

Kalo sudah begini pasti bikin pusing 7 keliling khan?....
solusinya yach.. terpaksa ketik ulang atau input ulang hehe2x

Eiiiitttt....... tunggu dulu baca artikel ini sampai selesai, pasti data anda kembali dengan sendirinya (Bo ooooong).



Kalo mau database Dapodik anda kembali ada beberapa ritual yang musti dijalani (kaya' dukun ae).
1. Mandi kembali 7 rupa (kalo nggak ada, ya di cat aja kembange)
2. Pakai minyak wangi (jangan minyak goreng...)
3. siapin rokok/kopi + jajan/snack (lembur lagiiii..)
4. Jangan bilang pada Kepala Sekolah Kalo datanya hilang (entar di marain)


dapodik



Udah ah guyone. Kembali ke Laptop:

1. Buka link http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id
2. Login dengan user dan password yang sama dengan yang di pakai pada saat input data Dapodik kemarin
3. Jika berhasil masuk pastikan itu Sekolah anda > klick "Sekolah"
4. Klick "Register Pengiriman"
5. Klick database yang paling atas/tanggal terakhir anda kirim
6. Klick Download Database
7. simpan di tempat yang mudah di cari misal: D:\
8. Ambil sebatang rokok (rokok an dulu aahhhhh)
9. Minum kopi dulu.
Istirahat dulu... biar nggak stress......................................... :)

Ok. lanjut:
10. Instal ulang Aplikasi Dapodik yang versi terakhir
11. Kalo nggak punya download disini http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/new/index.php/c/pg/panduan-aplikasi
12. Kalo nggak bisa install tanya ke teman yang bisa
13. Saya anggap Aplikasi sudah terinstal
14. Buka Aplikasi dan masukan NO. Registrasi Sekolah anda dan user serta password yang sama dengan semula
15. Setelah berhasil Login dan masuk ke database Sekolah anda
16. Tutup Aplikasinya
17. Buka folder "C:\Aplikasi Pendataan" di komputer anda
18. Buka folder "data"
19. Hapus file "data.db" (jangan salah)
20. Copy database yang sudah di download tadi dan masukan ke folder "data"
21. Ganti nama database yang di download tadi dengan "data.db"
22. Jalankan kembali Aplikasi Pendataan
23. Login seperti biasanya
24. Tre teng teng.................................. :)


pengecekan data PTK sertivikasi pada program aplikasi dapodik

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah buka alamat link berikut:
http://116.66.201.163:8083/info.php atau pada http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id/ptk/
langkah selanjutnya setelah ada tampilan gambar berikut:

tampilan untuk login PTK
selanjutnya masukkan  NUPTK dan  password untuk password masukkan mulai tahun - bulan - tanggal
jika data tidak masuk berarti mungkin coba lihat aplikasi DAPODIK dulu ada kesalahan penulisan pada NUPTK atau tanggal lahir anda. setelah itu akan muncul gambar seperti ini:


maka akan tampil seperti ini dan sekarang silahkan cek data anda satu persatu.

silahkan mencoba!!